Always Learn for Better Life: Cinnamon Rolls

Sunday 17 November 2013

Cinnamon Rolls

Berhasil...berhasil..berhasil...horeeeeee.....Akhirnya saya berhasil juga menaklukan si roti gulung ini hahahaha.... :D :D :D 
Cinnamon rolls ini adalah roti favorit nya AL. Setiap kami pergi ke mall, sepertinya kewajiban bagi AL untuk membeli roti ini. Jujur saja, saya dan suami bahkan sudah mulai bosan dengan rasa cinnamon dari roti ini. Tapi yang namanya untuk anak, apa sih yang tidak? Hehehehe.... 



Ini bukanlah kali pertama saya mencoba membuat cinnamon rolls. Dan dengan mencoba resep cinnamon rolls dari berbagai sumber, bisa dikatakan hasilnya kurang memuaskan. Cinnamon rolls yang biasa kami beli di mall, roti nya sangat lembut dan fillingnya tidak terlalu manis. Sedangkan cinnamon rolls yang saya buat dari resep-resep sebelumnya, rotinya tidak terlalu lembut dan isiannya terlalu manis. Meskipun saya sudah mengurangi pemakaian gulanya, rasanya masih terlalu manis bagi lidah saya. 
Hingga akhirnya tanpa sengaja, ketika sedang mencari resep lain, saya menemukan web Averie. Dalam resep aslinya, cinnamon rolls ini menggunakan buttermilk. Namun karena pada saat peng-eksekusi-an resep ini saya sedang tidak mempunyai stock buttermilk, akhirnya saya menggantinya dengan susu UHT yang ada di kulkas. 
Saya sangat menikmati proses pembuatan roti ini, karena sejak awal, adonannya sudah lembut dan ringan. Sehingga tidak terlalu berat bagi saya untuk menguleni nya. Semua pembuatan roti, adonannya saya uleni secara manual, maklum hingga saat ini rayuan saya terhadap suami agar membelikan mixer heavy duty masih belum mempan hehehehe... :p 
Ketika pengisian filling, di resep lain umumnya menginstruksikan agar kita mencampur butter beku dengan gula merah dan cinnamon, hingga tercampur rata. Bagi saya, langkah ini agak sulit. Karena minimnya peralatan yang saya miliki, sehingga butter sulit tercampur rata dengan gula merah dan cinnamon. Tapi di resep kali ini, kita tidak perlu sulit-sulit melumatkan butter beku dengan gula merah, cukup meletakkan semua resep filling di atas adonan. Lumayan simple kan? 
Cream cheese frosting yang ada di resep ini bisa digunakan ataupun tidak. Jika pun anda tidak menggunakannya, rasa dari roti gulung cinnamon ini sudah luar biasa. Tapi jika kebetulan anda mempunyai stock cream cheese di kulkas, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat siraman kejunya ini. Karena dengan siraman cream cheese, rasa manis dari roti ini akan terasa lebih creamy. 


Oiya, dari resep asli nya, semua takaran menggunakan standar international, dimana untuk menyatakan berat, digunakan ukuran cup dan ounce. Cukup berbeda dengan standar berat yang biasa digunakan di Indonesia, yaitu gram. Oleh karena itu, pada resep kali ini, saya akan menuliskan resep asli, yang ukuran beratnya sudah saya konversikan ke dalam standar dapur masyarakat Indonesia. Berikut resep nya: 

Bahan adonan roti : 
  • 470 gr all purpose flour (saya pakai 235 gr cake fluor + 235 bread fluor) 
  • 65 gr gula (saya pakai gula halus) 
  • 10 gr ragi 
  • 1/2 sdt garam 
  • 85 gr butter yang di lelehkan, kemudian biarkan hangat 
  • 3 buah telur yang di kocok lepas 
  • 180 mL buttermilk (saya pakai susu UHT) 
Bahan isian : 
  • 150 gr butter 
  • 180 gr gula merah halus 
  • 4 sdm cinnamon (atau sesuai selera) 
Cheese Frosting : optional 
  • 60 gr butter, suhu ruang 
  • 85 gr cream cheese, suhu ruang 
  • 1 sdm vanilla essence 
  • 225 gr gula tepung (atau sesuai selera) 
Cara membuat : lihat foto proses pembuatan di bagian bawah
  1. Aduk hingga rata tepung terigu, gula dan ragi 
  2. Tambahkan telur dan susu hingga seluruh bahan menyatu 
  3. Masukkan mentega dan garam. Uleni hingga kalis elastis 
  4. Istirahatkan adonan (proofing) selama 1 jam atau hingga adonan mengembang hingga dua kali lipat dari ukuran semula 
  5. Kempeskan adonan, uleni lagi sebentar 
  6. Siapkan meja kerja untuk menggilas adonan. Gilas adonan hingga membentuk persegi panjang.
  7. Sendokkan butter menggunakan sendok kecil. Letakkan butter di atas adonan yang telah di gilas, merata di seluruh permukaan adonan. Bila butter yang anda gunakan cukup lunak, anda bisa mengoleskan butter di atas adonan
  8. Campurkan gula merah dan cinnamon 
  9. Taburkan campuran gula merah dan cinnamon diatas adonan hingga menutupi seluruh permukaan. Sisakan kurang lebih 1 cm setiap sisi adonan, agar isian tidak meluber 
  10. Perlahan gulung adonan hingga membentuk silinder
  11. Potong adonan hingga menjadi 2 bagian sama panjang. Dari tiap bagian, potong lagi menjadi 2 bagian. Dan dari tiap bagian tersebut potong lagi menjadi 2 bagian. Sehingga keseluruhan silinder adonan terdapat 8 potong 
  12. Siapkan loyang persegi panjang yang telah di oles mentega atau di semprot non-stick spray 
  13. Letakkan tiap potongan adonan di dalam loyang 
  14. Istirahatkan kembali adonan yang telah berada di dalam loyang selama 20 menit 
  15. Panaskan oven pada suhu 180C 
  16. Panggang adonan di dalam oven selama 25 menit 
  17. Sambil menunggu roti matang, siapkan cream cheese frosting 
  18. Campur semua bahan, kocok menggunakan mixer hingga semua bahan menyatu 
  19. Setelah roti matang, langsung oleskan cream cheese frosting 
  20. Panas-panas langsung deh foto hehehehe... :p 

1. Gilas adonan membentuk persegi panjang
2. Letakkan semua bahan isian di atas adonan

3. Potong silinder adonan menjadi 8 bagian

4. Tempatkan potongan adonan di dalam loyang

Sebenarnya membuat roti gulung cinnamon ini cukup mudah. Dengan sedikit taktik, tampilan roti ini pun menjadi lebih menarik. Setelah matang, tempatkan roti ini di wadah kedap udara. Hingga beberapa hari ke depan roti ini masih tetap terasa empuk meskipun tidak di hangatkan dulu. Walaupun ukurannya cukup jumbo, tapi sekali makan, AL bisa menghabiskan 1 buah hehehe.... Sebagai menu sarapan di pagi hari, roti ini pas di pasangkan dengan secangkir kopi hangat. Selamat mencoba ;)



No comments:

Post a Comment