Always Learn for Better Life: Pengurusan Visa South Africa

Thursday 22 May 2014

Pengurusan Visa South Africa

Kali ini saya akan posting informasi yang saya ketahui tentang cara apply visa ke Afrika Selatan. Sebagai informasi, Afrika Selatan bukanlah negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia. Dengan kata lain, jika kita akan berkunjung ke Afrika Selatan, maka apply visa adalah suatu kewajiban. Tidak semua informasi tentang visa saya ketahui tentunya, tapi saya hanya akan berbagi info berdasarkan pengalaman saya saja. 
  1. Working Permit (WP): Suami saya bekerja di Afrika Selatan dengan menggunakan visa working permit. Dengan visa inilah, seorang pekerja non WN Afrika Selatan dianggap legal bekerja di Afrika Selatan. Jika menggunakan visa ini maka semua aturan ketenagakerjaan dan pajak negara Afrika Selatan di berlakukan. 2 tahun lalu, suami saya apply WP langsung di kedutaan Afrika Selatan di Jakarta dengan biaya RP 650.000. Selain biaya visa, juga diwajibkan untuk membayar uang deposit sebesar Rp 9.000.000. Uang deposit ini akan di kembalikan dengan syarat ketika kita telah kembali ke Indonesia dan tidak akan kembali lagi ke Afrika Selatan dengan menggunakan visa yang sama, tidak terlibat tindakan kriminal dan masa waktu tinggal di Afrika Selatan tidak melebihi masa valid visa. Masa valid WP biasanya 2 tahun dan extendable
  2. Dependant Visa : Saya dan anak saya menggunakan Dependant Visa ini untuk bisa masuk ke Afrika Selatan. Dengan menggunakan Dependant Visa, maka kami harus tunduk pada aturan negara Afrika Selatan, salah satunya adalah saya dilarang untuk bekerja dan mencari kerja. Namanya juga dependant, ya jadi maksudnya cuma bisa ikut-ikut doank hehehe.... Kisaran harga untuk apply visa ini kurang lebih Rp500.000 dan juga sama-sama harus bayar uang deposit. Karena saya tinggal di Bandung, maka agak sedikit ribet jika harus bolak balik ke kedutaan Afrika Selatan hanya untuk mengurus visa. Jadi waktu itu saya dan anak saya menggunakan jasa Anta Tour dan hanya membayar Rp 80.000 untuk jasa pengurusan visa nya. Masa berlaku visa ini tergantung dari masa berlaku visa utama. Misal, karena visa saya dependant pada visa suami, maka jika visa suami sudah tidak valid, begitu pun visa saya. 
  3. Pleasure Visa : Bagi yang sekedar ingin berlibur, bisa menggunakan visa ini. Kebetulan waktu itu keluarga kami datang berkunjung dan hanya apply pleasure visa. Saya lupa berapa harganya, tapi lebih murah dari Dependant visa. Pengurusan visa jenis ini bisa dilakukan oleh travel agent dan tidak membutuhkan pembayaran uang deposit. 
Bagi pemegang WP dan Dependant Visa, biasanya di sebut temporary resident. Oleh karena itu diwajibkan untuk melakukan pembayaran uang deposit. Uang deposit ini akan kembali dengan syarat yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Pengembalian uang deposit ini prosesnya cukup singkat dan mudah. Tinggal datang ke kedutaan Afrika Selatan, kemudian mereka akan memproses pengembalian uang deposit. Rata-rata pengembalian uang akan memakan waktu 2-3 hari. Tetapi jika ada sesuatu yang membutuhkan konfirmasi, maka uang akan dikembalikan dalam waktu maksimal 6 bulan. Pembayaran uang deposit ini bisa dilakukan secara langsung cash ataupun transfer ke rekening kedutaan Afrika Selatan. 

Secara umum pengurusan visa di kedutaan Afrika Selatan ini cukup mudah. Hanya saja waktu kerja yang singkat (pukul 9-12 siang) membuat saya yang tidak tinggal di Jakarta sedikit kesulitan. Para pegawainya pun yang mayoritas WNI memudahkan kita untuk berkonsultasi mengenai visa. Hanya saja ada satu pegawai yang cukup terkenal (di antara WNI yang mengurus visa) "bawel" di kedutaan Afrika Selatan ini hehehe... Hal terakhir yang harus di perhatikan adalah waktu pengurusan visa. Proses pengajuan visa ini bisa dikatakan agak lambat (sekitar 2 minggu). Jadi sediakan waktu yang cukup sebelum waktu keberangkatan anda. Karena jika waktu anda sudah mepet, berbagai cara juga tidak akan mempan menembus si ibu "bawel" agar visa kita bisa lebih cepat hehehe... 
Good luck buat yang akan apply visa ke Afrika Selatan :) 

6 comments:

  1. Ya betul sekali @ismailsunni. Waktu pengalaman suami saya dulu, karena untuk apply visa wp membutuhkan waktu proses yang agak lama, maka suami saya apply visa bisnis terlebih dahulu untuk waktu 3 bulan. Setelah disana, visa baru di proses menjadi visa wp. Visa wp biasanya berlaklu untuk waktu 2 tahun dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan. Tetapi ada juga teman saya yang langsung apply visa wp sejak dari indonesia. Setiap pengajuan visa, syaratnya hampir sama. Yaitu kita harus menyertakan flight itinerary (termasuk tiket return to indonesia untuk tanggal sebelum visa kita habis, sebagai jaminan bahwa kita akan kembali ke indonesia), accomodation proof (jika anda disiapkan rumah, maka harus ada surat keterangan bahwa anda akan menempati rumah tersebut atau jika tinggal di lodge/ hotel harus ada bukti booked) serta yang penting juga adalah surat keterangan dari perusahaan yang akan mempekerjakan anda yang menyatakan bahwa anda memang bagian dari perusahaan tersebut.
    Untuk uang deposit, uang tersebut tidak dapat di cairkan selama anda masih di Afrika Selatan. Jadi jika pun anda sudah mendapatkan visa wp, dan untuk tahun2 berikutnya akan memperpanjang visa tersebut, uang deposit tetap akan di tahan oleh pihak kedutaan dan baru akan dikembalikan jika anda tidak akan kembali lagi ke Afrika Selatan for good (kecuali untuk wisata, karena untuk visa wisata tidak membutuhkan deposit).
    Di Afrika Selatan jumlah WNl nya tidak begitu banyak. Jangan dibandingkan dengan jumlah WNI di negara-negara Asia juga hehehe... tapi WNI yang berada di Afrika Selatan cukup kompak, dan hampir setiap ada event di kedutaan, semua WNI akan di undang. Undangan itu kesempatan bagi anda yang ingin makan masakan indonesia secara gratis hehehe... dan satu hal lagi yang memudahkan adalah banyaknya produk indonesia terutama bumbu-bumbu masakan yang banyak beredar di Afrika Selatan. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat postingan saya di http://sambelcoeterasi.blogspot.com/2013/11/produk-indonesia-yang-beredar-di-afrika.html.
    Sepertinya sekarang anda pun sudah berada di luar negeri ya? Secara umum cara pengajuan visa nya hampir sama saja dengan negara lain, hanya saja di Afrika Selatan banyak hal membutuhkan uang deposit sebagai jaminan. Good luck @ismailsunni. Another questions are welcome :)

    ReplyDelete
  2. Halo mbak Liza,

    terima kasih banyak balasannya :) *baru sempet ngecek lagi.

    itu kalau visa working permit agak lamanya berapa mbak? bukan 2 minggu juga?

    saya ada rencana ke SA sekitar januari, selama 3 bulan. Kebetulan HQ kantor saya ada di Swellendam. Jadi saya harus apply yg WP ya mbak?

    Saya jadi agak bingung, kok suami-nya mbak apply visa bisnis? saya kira visa bisnis itu sama kayak visa WP. Apakah beda? Lebih mudah yg bisnis kah?

    satu lagi, apakah ini sekarang masih di SA mbak?

    Makasih banyak sebelumnya :)

    ReplyDelete
  3. Halo @ismailsunni,
    Lamanya proses WP kalau apply di Jakarta kalau tidak salah paling cepat 3 mingguan. Itu pun kalo semua persyaratan sudah ok dan tidak ada yang di kembalikan. Kalo @ismailsunni hanya akan melakukan pekerjaan yang berjangka waktu 3 bulan, dan kelak tidak akan melanjutkan bekerja di Afsel untuk seterusnya, visa yang dibutuhkan adalah visa bisnis. Kalaupun nanti pekerjaan anda belum selesai dan anda masih harus tinggal sementara di Afsel, visa tersebut bisa di perpanjang.
    Dulu suami saya appy visa bisnis terlebih dahulu sebagai visa sementara. Karena untuk apply wp waktu yang diperlukan lebih lama, dan perusahaan membutuhkan kehadiran suami saya dalam jangka waktu yang lebih cepat.
    Biasanya setiap perusahaan akan membantu pengurusan visa karyawannya yang akan melakukan perjalanan dinas. Karena untuk melakukan perjalanan dinas juga dibutuhkan berbagai macam surat keterangan dari perusahaan yang menyatakan status kepegawaian anda dan juga tujuan dari perjalanan dinas anda. Atau untuk lebih jelasnya anda bisa datang langsung ke kedutaan Afsel di Jakarta yang berada di gedung GKBI.
    Saat ini saya sudah pindah ke Filipina. Semoga sukses @ismailsunni :)

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak mbak informasinya, semoga lancar nanti apply visa-nya.

    Semoga sukses juga mbak :)

    PS : keren mbak, dari SA pindah ke filipina, (y)

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum mba LIza,

    saya insya allah januari 2015 akan ditugaskan di SA, mohon info nya kontak atau alamat travel agent (jasa anta tour), karena saya sekarng tugas di bandung jadi waktunya tidak memungkinkan untuk pengurusan visa ke jkt,

    Terima Kasih mba liza atas bantuannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wallaikumsalam mas Achmad,
      Travel agent anta tour bisa anda datangi di jalan pasirkaliki. Jika anda datang dari arah pasteur, lokasinya berada di sebelah kiri jalan, dekat dengan perempatan jalan rajiman. Saya tidak yakin apakah travel agent bisa membantu pengajuan visa bisnis atau tidak. Karena selama ini untuk visa kerja ataupun bisnis kami selalu melakukan pengurusan sendiri.
      Semoga sukses :)

      Delete