Always Learn for Better Life: Jalan-jalan di South Africa Episode 1 : Cape Town part 2

Tuesday 29 October 2013

Jalan-jalan di South Africa Episode 1 : Cape Town part 2

Hari pertama sampai di Cape Town, setelah mengambil mobil sewaan, kita langsung menuju hotel tentunya. Maksudnya sih mo simpen koper biar langsung bisa keluyuran. Eh...ternyata kita baru sadar, kalau kita nyampe hotel kepagian. Jadi orang yang ngisi kamar sebelum kita bahkan belum check out hahaha... Mana saat itu kamar nya lagi full lagi, jadi gada pilihan kamar lain buat kita. Tapi untungnya pihak hotel menawarkan untuk menyimpan dulu koper-koper kita di resepsionis. Agak takut juga sih, takut koper ada yang bongkar hehehe... Tapi ternyata mereka memberi jaminan keamanan. Yasudlah, daripada hilang waktu buat jalan-jalan, kita bismillah aja ninggalin koper sama resepsionis. Setelah menitipkan koper, tempat yang pertama kali kita kunjungi adalah Two Oceans Aquarium.

Di depan salah satu aquarium
Ikan hiu
Aquarium ini dinamakan Two Oceans karena di Cape Town ini adalah tempat bertemunya dua samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera Atlantic. Jadi karena pertemuan dua samudera, maka para penghuni aquarium ini juga berasal dari dua samudera. Ini nih yang bikin aquarium ini menarik. Karena jenis ikan-ikan dan makhluk laut dari dua samudera ini tentunya berbeda. Menurut informasi yang kami terima, samudera Hindia itu hangat, sementara samudera Atlantic dingin. Jadi tentunya habitat lautnya juga berbeda jauh kan.
Penguin
Soal harga tiket masuk, lumayan juga nih harganya. Tapi untungnya untuk anak di bawah 4 tahun biayanya masih gratis. Mau harga tiket lebih murah? Beli tiket online harganya lumayan banget. Tiket online bisa di beli disini. Dengan beli tiket online harganya lebih murah, tapi kita harus pastiin dulu mau dateng nya hari apa. Karena tiketnya gak bisa rubah jadwal. Oiya, di Cape Town ini ada beberapa tempat wisata yang harga tiketnya lebih murah kalau kita beli online. Jadi sebelum berwisata ada baiknya kita rencanakan dulu tujuan-tujuan wisatanya.
Ada tempat main anak-anaknya juga
Untuk harga tiket masuk, buat dewasa kalau beli langsung di counter R118, sedangkan kalau beli online R106. Lumayan kan beda harganya.
Dalam terowongan aquarium
Aquarium ini termasuk tujuan wisata wajib buat kami. Karena AL sukaaaa banget sama yang namanya ikan dan aquarium. Jadi begitu dia tau kita mau ke aquarium, dia sudah over excited duluan hehehe... Di dalemnya aquarium ini mungkin bisa dibilang mirip dengan Sea World. Bedanya di aquarium sini banyak bule aja hahahaha... Ngga juga denk, banyak aktifitas interaktif juga di tempat ini. Bahkan ada satu tempat dimana anak-anak bisa dengan bebas pegang aneka makhluk laut seperti bintang laut. Selain itu disini juga ada Penguin.
Finding Nemo
Bukaaann...disini bukan di kutub utara atau selatan, tapi penguin emang banyak di Cape Town. Bahkan ada satu pantai yang dipenuhi dengan penguin. Untuk bagian penguin, kita bisa lihat dari jarak yang sangat dekat. Karena pagar pembatasnya pun sangat rendah. Tapi jangan mencoba untuk menyentuh penguin-penguin itu yah. Karena mereka terkenal galak hehehe....
Jelly Fish
Two Oceans Aquarium ini terletak satu komplek dengan salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Cape Town, yaitu V&A Waterfront. Letak komplek ini tepat di pinggir laut. Jadi sekalian ke mall, bisa ke aquarium dulu.
Menurut pendapat pribadi saya sih, aquarium ini bagus banget dalam hal tampilan dan interaksi kepada pengunjungnya. Tapi kalau boleh sedikit membandingkan, aquarium ini agak lebih kecil jika dibandingkan dengan aquarium serupa yang berada di kota Durban (akan saya bahas pada postingan berikutnya).
Tapi secara keseluruhan, kami sangat puas dengan  tempat ini. Untuk makanan (tetep bahasannya makanan hehehe..) Disini hanya ada satu tempat sejenis cafe yang jual makanan ringan. Bisa kita makan ditempat atau makan sambil jalan hehehe... Kalau mau makan berat ya harus jalan dulu dikit ke Waterfront :D
Setelah cape setengah hari jalan-jalan di Aquarium, akhirnya kita memutuskan buat ke hotel dulu. Mau solat dulu, sekalian mastiin kalo koper kita baik-baik saja hehehe...

Salah satu lorong dalam mall
Setelah solat di hotel, tentunya perut sudah berasa lapar. Karena matahari sudah mulai tenggelam juga, akhirnya kita memutuskan untuk menghabiskan hari di V&A Waterfront karena jaraknya juga dekat dengan hotel, jadi gak ngabisin waktu di jalan.
V&A Waterfront ini adalah salah satu mall yang terkenal di Cape Town. Letaknya tepat di pinggir laut. Jadi di bagian pinggir mall ini bisa dikatakan pelabuhan kecil untuk kapal-kapal pesiar yang bisa di sewa/ tour. Sayangnya kita tidak mencoba untuk tour dengan kapal pesiar ini. Karena berdasarkan pengalaman yang lalu, saya mabok waktu naik kapal feri hahahaha...
Background restoran & harbor
Di mall ini bermacam-macam brand kelas dunia menampakkan eksistensinya. Yaa..kita sih seperti biasa, cuma window shopping doank hahahaha... Seperti yang sudah saya katakan di part sebelumnya, bahwa di Cape Town ini banyak banget muslimnya. Rasanya seneng banget berada di tempat yang sejauh mata memandang pasti ada yang memakai hijab hehehe...
Cape Wheel
Tempat makan disini juga banyak yang halal. Salah satu daya tarik mall ini adalah restoran yang berada di pinggir laut. Tapi kalau dari penampakannya sih, sepertinya restoran-restoran ini agak-agak mahal yaaa. Jadi buat yang duitnya pas-pas an, untungnya ada food court hehehe... Dan semua makanan di food court halal. Aaaahhh...serasa rejeki nomplok hahaha... Karena semua makanan di food court ini halal, jadilah mall ini kita jadikan tempat andalan buat cari makan hehehehe....
Gondola VIP di Cape Wheel
Selain shopping, cuci mata dan cari makan, ada beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan di V&A Waterfront ini. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, disini ada harbor. Jadi buat yang mau tour pake feri, ada macam-macam paketnya. Atau buat yang berkantong tebal dan mau melihat Cape Town dari udara, ada juga buat touring menggunakan helikopter. Cuma kita gak tau juga harganya berapa. Jujur aja, mo nanya nya aja kita gak pede hahahaha.... Buat yang kantongnya pas-pas an seperti kita jangan khawatir... Bisa juga kita liat Cape Town dari ketinggian, walaupun gak setinggi terbangnya helikopter hehehe...
Di dalam Cape Wheel
Harbor
Ada sejenis bianglala di V&A Waterfront, namanya Cape Wheel. Yaa..lumayan juga lah daripada gak ngapa-ngapain sama sekali hahahaha... Ada dua macem paket kalo mau naik Cape Wheel ini. Paket yang biasa harganya R80 untuk dewasa dan anak dibawah 4 tahun gratis, serta ada paket spesial, jadi pas kita naik gondolanya (bener gak sih di sebutnya gondola?hehehe...) itu  VIP, dikasih champagne, foto gratis dan pas udah turun gak langsung pergi tapi disuruh duduk-duduk dulu di sofa (hahahaha...penting banget dah..). Kalau kita naik paket yang biasa juga di foto sih, tapi pas turun di tanya, mo di tebus apa gak fotonya hehehe... Waktu itu perasaan sih kita tebus, tapi lupa nyimpennya dimana, langsung hilang. Tapi emang gak gitu bagus juga  fotonya. Kalau bawa kamera sendiri, bagusan hasil foto sendiri hehehe....
Tiket untuk Cape Wheel ini bisa beli langsung di counter ataupun beli online. Harganya sama saja. Tapi pada waktu-waktu tertentu, orang yang antri buat naik Cape Wheel ini banyak banget. Jadi kalau kita beli online bisa menghemat waktu. Tapi kalau lagi kosong yang beli langsung pun tak masalah.

Hari pertama kami di Cape Town dihabiskan di daerah dekat hotel dulu. Setelah lelah jalan-jalan di mall, kami pun kembali ke hotel untuk menghimpun tenaga buat esok hari.
Perjalanan kami di Cape Town akan saya lanjutkan di postingan berikutnya. C u in the next post :D