Always Learn for Better Life: Banana Chocolate Muffin ( Muffin coklat Pisang)

Wednesday 30 October 2013

Banana Chocolate Muffin ( Muffin coklat Pisang)

Pisang adalah buah-buahan yang pasti selalu tersedia di rumah saya. Kalo lagi pada doyan, 1 box pisang bisa habis dalam waktu kurang dari seminggu. Tapi kalo lagi pada bosen, ya ampe item-item kulitnya tetep aja gak ada yang nyentuh. 
Kebetulan lagi punya pisang yang udah mulai item-item kulitnya. Berdasarkan pengalaman, pisang kaya gini dah gak laku kalo dimakan langsung. Tapi bakal jadi enak banget kalo di olah jadi sejenis kue. Akhirnya gugling-gugling nemu lah resep ini. Resep nya dapet dari mba Ricke Ordinary Kitchen
Sering banget yah saya pake resep nya mba Ricke? Soalnya kalo pake resep dari mba Ricke jarang gagal. Karena penjelasannya detail dan hasilnya dah pasti enak hehehe....
Tampilan dari muffin ini memang biasa saja. Tapi muffin ini adalah favorit keluarga saya. Ketika saya harus menyiapkan bekal sekaligus sarapan dalam waktu yang singkat, muffin ini pasti jadi pilihan utama saya. 
Banana Chocolate Muffin

Untuk memudahkan, disini saya akan tulis kembali resep berikut cara pembuatannya. Akan tetapi resep ini sudah saya sesuaikan dengan kemampuan saya dalam membuat muffin hehehe...

Bahan : 
  • 230 gr all purpose flour ( saya pakai 110 bread fluor + 120 cake fluor ) 
  • 30 gr coklat bubuk 
  • 200 gr gula tepung 
  • 1/2 sdt baking powder 
  • 1/2 sdt baking soda 
  • 1/4 sdt garam 
  • 2 butir telur besar, kocok lepas 
  • 113 gr butter yang di lelehkan, lalu di dinginkan 
  • 2-3 pisang yang agak besar, iris halus 
  • 1 sdt vanilla extract 
  • 1 sdt banana essence 
  • chocolate chips untuk hiasan 
Cara Buat : 
  1. Lelehkan butter, kemudian dinginkan 
  2. Panaskan oven pada suhu 200C 
  3. Campur semua bahan, aduk hingga rata. Jangan terlalu lama mengaduk, hanya hingga tepung sudah menyatu dengan semua adonan 
  4. Masukkan dalam cup muffin
  5. Letakkan chocolate chips sebagai hiasan 
  6. Panggang dalam oven suhu 200C selama 5 menit. Kemudian turunkan suhunya menjadi 180C selama 25 menit 
Muffin pan yang ukurannya tidak terlalu tinggi

Membuat muffin ini termasuk dalam spesies anti gagal dan cepat saji. Namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya lebih maksimal. Berikut akan saya berikan beberapa tips nya : 
  • Perhatikan ukuran cup muffin yang anda miliki. Muffin pan yang saya punya ukurannya tidak terlalu tinggi. Jadi penggunaan baking powder dan bakin soda hanya saya gunakan setengah dari resep aslinya. Tetapi jika muffin pan yang anda miliki lebih tinggi bentukannya, maka jumlah baking powder dan baking soda bisa di dua kali lipatkan 
  • Perhatikan kualitas pisang. Pada dasarnya semua jenis pisang bisa digunakan. Dan pisang yang kulitnya masih kuning mulus pun bisa digunakan. Akan tetapi, dengan menggunakan pisang yang kulitnya sudah menghitam dan dagingnya sudah lembek, maka hasil muffin akan lebih lembut 
  • Ketika menghancurkan pisang, gunakan pisau untuk mengiris tipis, kemudian di dalam mangkok gunakan garpu untuk menekan-nekan pisang agar lebih halus. Jangan di blender, karena adonan akan lebih cair dan hasil muffin akan lebih lembek
  • Agar muffin mengembang indah, panggang adonan dalam suhu tinggi ketika pertama kali dimasukkan oven. Setelah mengembang turunkan suhu agar adonan masak hingga ke dalam nya 
Begitulah proses memasak muffin berdasarkan pengalaman saya pribadi, mencoba dari resep orang lain hehehe... Semoga bisa bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment